J2ME adalah lingkungan pengembangan
yang dirancang untuk meletakan perangkat lunak Java pada barang elektronik
beserta perangkat pendukungnya. Pada J2ME, jika perangkat lunak berfungsi baik
pada sebuah perangkat, maka belum tentu juga berfungsi baik pada perangkat yang
lainnya.
J2ME membawa Java ke dunia
informasi, komunikasi, dan perangkat komputasi selain perangkat komputer desktop
yang biasanya lebih kecil dibandingkan perangkat komputer desktop. J2ME biasa
digunakan pada telepon selular, pager, personal digital assistants (PDA) dan
sejenisnya.
J2ME adalah bagian dari J2SE,karena
itu tidak semua librabry yang ada pada J2SE dapat digunakan pada J2ME.Tetapi
J2ME mempunyai beberapa library khusus yang tidak dimiliki J2SE. Arsitektur J2ME
dapat dilihat seperti pada Gambar 2.2.
J2ME merupakan sebuah versi yang direduksi dari Java API dan Java Virtual Machine (JVM) yang didesain untuk dapat dioperasikan dalam komputer dan mikrokomputer. J2ME diarahkan untuk diaplikasikan pada piranti komputasi kecil seperti handphone, PDA, smartphone, dll. Untuk mendukung berbagai macam piranti ini, J2ME memiliki konfigurasi dan profil yang mendefinisikan kelas Java API yang dapat digunakan oleh aplikasi. J2ME sendiri pada dasarnya terdiri dari tiga buah bagian, yaitu konfigurasi, profil dan paket-paket opsional.
Konfigurasi
merupakan bagian yang berisi JVM dan beberapa library kelas lainnya.
Hanya ada dua macam konfigurasi yang disediakan oleh Sun Microsystem,
yaitu:
- Connected Limited Device Configuration (CLDC), bersifat pribadi yaitu piranti yang kadang-kadang terhubung dengan jaringan. Konfigurasi ini banyak digunakan dalam aplikasi Java pada perangkat komunikasi mobile kita seperti handphone, PDA, dll.
- Connected Device Configuration (CDC), bersifat terus-menerus yaitu piranti yang terus menerus terhubung dengan jaringan.
Profil
merupakan bagian perluasan dari konfigurasi. Artinya, selain kumpulan
kelas yang terdapat pada konfigurasi, terdapat juga kelas-kelas khusus
yang didefinisikan di dalam profil. Dengan kata lain profil membantu
menyediakan kelas-kelas yang tidak terdapat pada level konfigurasi.
Salah satu profil yang sangat umum digunakan adalah profil MIDP (Mobile Information Device Profile) yang disediakan oleh Sun Microsystem.
J2ME sendiri adalah teknologi dari Java programming language yang di khususkan untuk perangkat mobile seperti Handphone, Pocket PC
dan apa lagi yah. Pokoknya buat perangkat kecil yang sering dibawa
kemana-mana itu lho. J2ME sebenarnya sama dengan pemrograman menggunakan
java sendiri, hanya saja dalam J2ME ada beberapa fungsionalitas yang
ditambah dan dikurangi dan di sesuaikan untuk pemrograman perangkat
mobile.
Tentunya
untuk bisa membuat game di HP kita harus sudah biasa dulu menggunakan
pemrograman dengan java, disini saya tidak akan mengulas bahasa
pemrograman java -mungkin lain kali dalam postingan yang berbeda- saya
mengharapkan anda sudah memiliki pengetahuan java sebelumnya. Disini
saya hanya akan memberikan pengetahuan mengenai alat yang digunakan
dalam membuat program java di HP dan konsepnya.
Untuk
alatnya saya menggunakan IDE(Integrated Development Environment)
NetBeans versi 6 yang bisa di download gratis di sini, pilih NetBeans
yang sudah termasuk Mobility Pack. Agar kita bisa langusng menulis kode
program tanpa harus menginstal macem-macem lagi.
Setelah anda menginstall IDE NetBeans, segera jalankan NetBeans nya. Untuk membuat projek baru pilih File-New Project.
Pilih MIDP Application dan tekan Next.
Input Project Name yang sesuai dengan nama project anda dan hilangkan centang di Create Hello Midlet. Tekan Next
Ini adalah layar untuk menentukan target perangkat yang akan anda buat aplikasinya. Pada baris Emulator Platform adalah pilihan emulator yang anda Install di computer anda, untuk saat ini anda hanya menginstall emulator bawaan dari NetBeans anda. Setelah anda merasa perlu menginstall emulator platform untuk spesifik dari vendor lain seperti Nokia, Sony Ericsson dan Motorola anda dapat mengubahnya disini.
Input Project Name yang sesuai dengan nama project anda dan hilangkan centang di Create Hello Midlet. Tekan Next
Ini adalah layar untuk menentukan target perangkat yang akan anda buat aplikasinya. Pada baris Emulator Platform adalah pilihan emulator yang anda Install di computer anda, untuk saat ini anda hanya menginstall emulator bawaan dari NetBeans anda. Setelah anda merasa perlu menginstall emulator platform untuk spesifik dari vendor lain seperti Nokia, Sony Ericsson dan Motorola anda dapat mengubahnya disini.
Device
adalah perangkat emulator atau HP yang nantinya akan anda jalankan di
computer anda, dalam menjalankan program yang akan anda buat. Apabila
nantinya anda menginstal emulator platform dari vendor lain anda akan
bisa menggunakan HP spesifik dari vendor tersebut.
Device
Configuration dan Profile adalah spesifik kemampuan dari paket
perangkat yang akan anda jadikan target aplikasi anda, sebagai contoh
saya punya HP K608 itu mempunyai spesifikasi CLDC 1.1 dan MIDP 2.0
artinya HP saya bisa menjalankan program dengan paket yang ada di CLDC
1.1 dan MIDP 2.0. Untuk lebih lanjut mengenai perangkat yang anda
jadikat target riset lah dahulu dengan melihat spesifikasi HP atau
perangkat target anda.
Artikel
ini menjelaskan tentang cara memulai membuat aplikasi J2ME (aplikasi
Java untuk perangkat kecil, seperti selular, PDA dan lainnya) tanpa
menuliskan kode kode programming (source-code) sedikitpun, karena
artikel ini ditujukan kepada programmer yang belum pernah membuat
aplikasi J2ME, mungkin tidak sedikit programmer desktop PC yang merasa
terlalu sulit untuk membuat aplikasi J2ME untuk selular, mudah mudahan
artikel singkat ini bisa memberikan penjelasan yang cukup dan memberikan
semangat yang positif untuk memulai membuat aplikasi J2ME.
Membuat
aplikasi J2ME tidak memerlukan banyak software yang rumit atau besar,
salah satu software yang pasti diperlukan adalah J2SE SDK/JDK, dalam
J2SE SDK/JDK ini terdapat runtime dan library untuk program Java secara
umum termasuk juga untuk J2ME, pada saat artikel ini ditulis telah ada
J2SE SDK v1.4.2.
Untuk
menulis source-code J2ME, maka kita memerlukan sebuah J2ME IDE
(integrated development environment), ada beberapa pilihan IDE yang
diantaranya adalah Netbean, Sun One Java Studio Mobility, CodeWarrior
dan notepad (atau text editor lainnya), untungnya semua software IDE
yang disebutkan ini dapat di download gratis di website resmi masing
masing perusahaan, jadi untuk membuat program J2ME maka pihak developer
tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali untuk membeli software IDE.
Pada
artikel ini yang diulas adalah IDE dari Netbean v4.1 dengan tambahan
Netbean Mobility Pack v4.1, tambahan ini diperlukan untuk membuat
aplikasi J2ME, karena jika hanya dengan Netbean v4.1 hanya dapat membuat
aplikasi Java saja, Netbean Mobility Pack adalah module-module aplikasi
J2ME dan emulator device untuk testing dalam PC. IDE lainnya boleh
dicoba tapi dianjurkan memakai Netbean v4.1 karena versi ini sangat
mudah dioperasikan dan dirasakan cukup cepat dibanding IDE lainnya dalam
hal loading, compiling, running dan debugging.
Langkah yang dilakukan oleh untuk memulai pembuatan aplikasi J2ME adalah:
Langkah yang dilakukan oleh untuk memulai pembuatan aplikasi J2ME adalah:
1. Install J2SE SDK v1.4.2 (50MB)
2. Install Netbean v4.1 (47MB)
3. Install Netbean Mobility Pack v4.1 (18MB)
4. Jalankan Netbean v4.1, buat projek baru dan pilih kategori “Mobile” dan tipe project “Mobile Application”
5. Pilih lokasi tempat menyimpan file-file project ini, “Set as Main Project” dan “Create Hello MIDlet” jangan dirubah (tercentang)
6. Pada halaman “Platform selection” pilih “Device Configuration” = CLDC-1.0 dan “Device Profile” = MIDP-1.0 (versi terkecil yang dapat digunakan dalam semua selular yang support J2ME)
7. Setelah semua selesai (tempate telah dibuat), jalankan aplikasi ini dengan menekan tombol F6 (Run Main Project).
8. Lalu project ini akan dicompile dan emulator akan keluar, gunakan mouse untuk mengoperasikan emulator tersebut, dengan menekan nekan tombol keypad dalam emulator tersebut mirip seperti selular biasa.
9. Pada saat ini, aplikasi “Hello World” kita telah selesai dibuat dan bisa langsung di tes pada selular yang sebenarnya.
Langkah-langkah untuk testing aplikasi yang telah dibuat, yaitu :
1. Selular phone yang mendukung J2ME (setidaknya MIDP v1).
2. Alat
untuk memindahkan aplikasi (.JAR dan .JAD) yang sudah dibuat kedalam
selular, dapat berupa kabel data, infrared, bluetooth atau card
reader/writer jika selular yang ingin digunakan sebagai test device
memiliki slot memory external, seperti MMC, MemoryStick dan lainnya.
Cara pemindahan aplikasi J2ME sama seperti cara mengisi ringtone, image
dan lainnya.
3. Software
untuk memindahkan aplikasi J2ME ke dalam selular, bisa menggunakan
aplikasi yang dibuat oleh perusahaan lain (bukan buatan vendor selular
tersebut), seperti MobiMB yang berukuran kecil, mudah dan cepat.
Dalam
artikel ini, selular yang digunakan sebagai test adalah Nokia 6015
(memakai kabel data USB) dan Nokia 9500 (memakai card reader/writer
untuk mengcopi file .JAR dan .JAD ke dalam MMC). File - file yang perlu
ditransfer kedalam selular adalah file .JAR (dan .JAD jika diperlukan)
yang berada dalam direktori “DIST”, lokasi direktori ini telah
ditentukan pada langkah ke 5.
Kita
telah selesai membuat aplikasi J2ME “Hello World”, untuk merubah text
atau menambah objek - objek lainnya seperti TextBox, RadioBox, tombol-
tombol menu dan lainnya dapat kita lakukan dalam Netbean, juga tanpa
perlu menuliskan source-code karena Netbean v4.1 sudah memiliki fungsi
yang cukup bagus dan mudah dengan drag-and-drop mirip seperti
programming Visual Basic dan lainnya yang hanya memerlukan perubahan
pada properti-properti objek tersebut jika diperlukan seperti kata -
katanya, lebar tingginya dan lain lain.
Memang
aplikasi yang telah dibuat ini tidak begitu berguna, tapi bagi para
programmer yang telah menguasai bahasa pemrograman Java maka tidaklah
sulit untuk membuat aplikasi atau games untuk selular yang mungkin bisa
dengan mudah dijual kepada perusahaan perusahaan mobile content
aggregator karena bisnis mobile content cukup lumayan saat ini.
Pilihan
J2ME untuk membuat aplikasi/games selular sangat bagus, karena ukuran
filenya kecil (file JAR Hello World yang telah kita buat ini hanya
kurang lebih 1 kilobyte saja), bahasa Java relatif lebih mudah
dipelajari dibanding C/C++ untuk Symbian, Palm, Pocket PC dan Linux, dan
alasan yang terakhir adalah software IDE untuk J2ME versi sekarang ini
sangat baik dan lebih mudah digunakan.
Kemungkinan
jika semua langkah yang dijelaskan diatas dicoba dengan sama persis
oleh para pemula, maka mungkin hanya membutuhkan waktu kurang dari 10
menit hingga selesai dimasukan dalam selular, pihak editor hanya
membutuhkan kurang dari 3 menit untuk menyelesaikannya.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar